Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Etika Profesi - Bentuk Profesionalisme Seorang Karyawan

Nama : Erik Santosa
NIM : 12111047
Program Study : Teknik Informatika (Malam)
Semester  : 2
Mata Kuliah : Etika Profesi

Sebagai kariyawan saya belajar dari apa yang saya lihat dan alami dikeseharian tempat saya bekerja, dari sana dapat saya ambil beberapa kesimpulan berkaitan dengan Tugas mencari bentuk-bentuk profesionalisme seorang karyawan :
  1. Karyawan harus konsekuen dengan waktu / jam kerja yang telah ditentukan. Waktu datang dan pulang sesuai dengan jam yang sudah ditentukan.
  2. Ketika masih dalam waktu yang telah ditentukan (sepanjang batas waktu kerja). karyawan tidak boleh mengerjakan tugas  pribadi ( pekerjaan yang diluar kepentingan perusahaan ).
  3. Sepanjang waktu kerja, jika ada kepentingan yang mendesak dan mengharuskan meninggalkan pekerjaan pada waktu tertentu, maka karyawan wajib lapor dan meminta ijin kepada petugas yang berkaitan dengan bagian perijinan.
  4. Tidak boleh membuat cara/aturan/alur kerja baru diluar aturan yang sudah dutentukan oleh kantor.
    Jika kantor sudah bersertifikat ISO,maka harus memenuhi alur kerjanya.
  5. Sebagai karyawan yang profesional harus terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman dan inovasi baru dalam bekerja.
  6. Harus bisa memberikan kontribusi atau peran yang aktif dalam bekerja,sehingga tidak ada istilah jawa "Kerja angon wektu".
  7. Seorang karyawan tidak boleh menggunakan fasilitas kantor/perusahaan untuk kepentingan pribadinya sendiri guna mendapatkan keuntungan sendiri.
  8. Berpakaian sopan dan 5 S (Senyum ,Sapa,Salam ,Sopan,Santun) antar sesama karyawan juga merupakan bentuk profesionalisme karyawan.
  9. Sorang karyawan yang profesional juga harus menjalin kerjasama yang baik antar karyawan sehingga tercipta keadaan yang kondusif dengan hasil yang maksimal tentunya.
  10. Dapat memaksimalkan keadaan,maksudnya dalah efektif waktu,dan tepat guna. (Sehingga tercipta ketepatan waktu dan tidak terjadi kemoloran waktu penyelesaian tugas)

Posting Komentar untuk "Tugas Etika Profesi - Bentuk Profesionalisme Seorang Karyawan"