Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Sistem Online Untuk Sekolah Era merdeka Belajar, Sudah Saatnya Sekolah transformasi Berjalan Dengan Data

Sistem Pembelajaran satu pintu untuk Sekolah/Lembaga Pendidikan www.sekolahkita.net

Merupakan pengembangan media online Website Sekolah (sch.id) yang tidak hanya sebatas website atau informasi sekolah saja namun lebih ke pemanfaatan pengembangan TIK secara online danmobile.Secara garis besar tujuan dari digitalisasi inidapat dimanfaatkan siswa, guru, alumni, danmasyarakat untuk berinteraksi di jejaring sekolah untuk menyelesaikan problematika yang adasekaligus meminimalisir penggunaan kertas (papper less) dan juga dalam rangka COVID 19.

Dalam platform berbasis website ini  bertujuan memperbaharui sistem web sekolah yang kebanyakan saat ini hanya bersifat publikasi saja, menjadi sistem yang interaktif dan kolaboratif.Dengan system baru user/pengguna (siswa,guru,alumni,admin) akan mendapatkan fitur dashboard terintegrasi yang berisi berbagai macam fitur didalamnya seperti mini sosial mediasekolah, pengumuman terintegrasi, elearning, penilaian, materi online, tugas online,bimbingan konseling,publish tulisan/jurnal, sharing alumni, info dan motivasi oleh dari alumni, penelusuran tamatan, dan lain-lain sebagainya.

 E-Learning atau elektronik learning (e-Learning) merupakan metode pembelajaran yang dilakukan melalui fasilitas elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. E-Learning telah menjadi tren yang mengubah paradigma pendidikan saat ini, dan menjadi solusi belajar bagi siswa dalam masa Pandemi ini. Modul ini bertujuan memberikan Informasi kepada guru tentang tata cara mengakses  pembelajaran e-learning virtual SEKOLAHKITA.NET yang mencakup: Presensi , Materi Pelajaran, Tugas-tugas dari Guru, KBM Virtual tatap muka dengan live video dan chat, menilai siswa, Jurnal Guru, Media sharing & komunikasi dan masih banyak lagi yang dapat di eksplor.

Kami menyebutnya SEKOLAHKITA.NET Sistem Edukasi Masa Kini” maka dengan media SEKOLAHKITA.NET ini, Sekolah mengupayakan sivitas akademika dapat memahami konsep e-learning secara umum dan prinsip-prinsip penerapannya untuk penyelenggaraan pembelajaran berbasis e-learning.

v  SKEMA  LOGIN  GURU/KARYAWAN

1.       Guru/karyawan mengakses  URL/alamat Website Sekolah www.namadomainsekolah.sch.id atau url tertentu yang di inginkan sekolah

2.       Klik menu Login Member Sistem Komunitas 

3.       Masukan Username  dan Password masing-masing,  selanjutnya pilih type akun sebagai Guru, jika yang login adalah guru dan type Siswa jika yg login adalah siswa

4.       Setelah berhasil login langkah aman anda adalah mengubah password agar siswa tidak mudah untuk mengetahuinya .

5.       Selesai, proses login berhasil dan anda akan diarahkan ke laman Dashboard, dimana terdapat menu-menu fitur system didalamnya.

 

 

v  FITUR MENU DAN PENGGUNAAN

Penjelasan garis besar Fitur system & Menu sebagai Guru adalah sebagai berikut:

1.      MENU BERANDA

Laman Beranda adalah halaman awal yang ditampilkan saat pertama Guru berhasil Login. Dilaman ini Guru/karyawan dapat membuat status layaknya facebook,twitter, dan dapat saling berkomentar pada status antara siswa, guru dan alumni.
Guru / karyawan juga dapat melihat status-status terbaru dari member lainya pada laman ini.

 

2.      MENU E-LEARNING

Di menu E-Learning gambaran besar fitur  menunya adalah:

A.      HOME E-LEARNING
berisi petunjuk singkat tata cara penggunaan Elearning.

 

B.      JADWAL PELAJARAN
berisi  jadwal mengajar masing-masing Guru, (Berisi  hari, Jam, Kelas yang diampu) yang mana jadwal tersebut   adalah Admin Sekolah yang mengisi sebelumnya. Jika ada perubahan maka silahkan kontak Admin Sekolah untuk mengeditkan jadwal anda.

C.      UPLOAD MATERI
dilaman ini Guru dapat mengupload/menambahkan Materi  yang dapat diatur tujuan materi tersebut untuk Tingkat Kelas berapa.

Disini Guru hanya dapat melihat materinya pribadi artinya Anda tidak dapat melihat materi yang diupload Guru lain.

Materi yang anda upload ini dapat di Download oleh siswa ketika siswa Login Sistem SIVITRI.

D.      BANK SOAL
digunakan Guru untuk membuat Master Bank Soal/Master Tugas yang nantinya dapat dipakai berulang kali penugasan terhadap kelas-kelas yang berbeda.
Bank Soal tersedia dalam 2 pilihan type soal yaitu Essay dan Pilihan Ganda.
Bank Soal yang dimasukan semua HARUS bertype PDF.

Untuk soal type Pilihan ganda Guru cukup mengupload file soal PDF dan cukup memasukan kunci jawaban per nomor soal.
Untuk soal type Essay guru cukup mengupload file soal PDF, dan pada akhirnya nanti jika siswa mengerjakan soal Essay jawaban siswa dapat  berupa form jawaban dan juga dapat bentuk file upload.

Model Upload soal ini sangatlah mudah dilakukan guru karena bukan model memasukan soal satu persatu namun menjadi kesatuan dalam 1 file PDF.

 

E.       KBM VIRTUAL (Live Video,Video, dan Pembahasan File Materi)
Adalah Pebelajaran Virtual non tatap muka atau model daring.
KBM ini dapat dilakukan dengan 2 pilihan Type yaitu type Pembahasan Materi (Guru memilih file materi )dan live Streaming (Live streaming dengan perantara youtube) dimana terdapat interaksi live Chat antara Guru dan Siswa (Tanya jawab).

 

KBM Virtual dapat digunakan Guru dan Siswa hanya saat jam mengajar guru aktif pada Waktu dan jam tersebut. Artinya misalnya Anda mempunyai jadwal mengajar di Senin jam 10.00 s.d 11.00 WIB, sedangkan anda melakukan login pada jam 13.00 WIB maka KBM ini tidak dapat dijalankan (Non Aktif).

Namun demikian Pasca KBM berakhir siswa  dan guru masih tetap dapat melihat Riwayat KBM sehingga siswa dapat belajar ulang dirumah jika ingin dilakukan, namun form interaksi Chat akan non aktif.


Disaat live guru juga dapat melihat siswa yang mengikuti/hadir dalam KBM tersebut sehinga Guru dapat memantau keaktifan siswa dikelasnya.


Jika contoh kasus terdapat siswa izin pada hari itu, atau berhalangan mengikuti Live maka siswa dapat melihat ulang secara mandiri namun di data kehadiran Siswa yang bersangkutan tetap tercatat di system tidak hadir.

Tutorial Singkat Memulai Live Streaming Guru

1)      Anda harus berada di Menu E-Learning dan sebaiknya anda sedang dalam posisi Login Akun Google/Gmail.

2)      Klik menu KBM Virtual, terlihat tampilan jadwal anda hari ini dan Klik Tombol Buat KBM. Link dapat diklik jika anda sedang dalam rentang waktu jam mengajar anda.

3)      Selanjutnya lengkapi form dengan langkah pilih type KBM, pilih Video Streaming, masukan URL Share dari Youtube Live anda contohnya (https://youtu.be/_uzNVDtiHQw),
Untuk mendapatkan URL tersebut anda dapat mengklik Link yang tertera dibawah form https://studio.youtube.com/channel/UC/livestreaming dan memilih opsi opsi dari Youtube Live.

Pada laman Youtube live disarankan memilih Opsi type video Tidak Public, sehingga hanya orang-orang yang tau URL link saja yang dapat mengakses Video anda, kecuali jika anda akan sekaligus menjadi Youtuber maka anda dapat memilih type Public.
Yang perlu diketahui adalah liveYoutube anda jika sudah berakhir juga akan otomatis terupload di Chanel Youtube Anda, namun jika anda memilih opsi Tidak Public tadi orang-orang tidak akan melihat Video apapun di Chanel anda.
Video Live anda juga masih dapat diputar ulang oleh siswa di lain waktu diluar jam KBM melalui dashboard siswa, sehingga siswa dapat meresume hasil KBM guna pengayaan.

4)      Langkah selanjutnya Klik Simpan dan video anda akan terlihat di laman KBM, namun sampai langkah ini di halaman login sebagai Siswa BELUM TERLIHAT sebelum anda mengklik Publish.

5)      Proses Live berjalan, Anda dan siswa dapat berinteraksi melalui live chat didalam dashboarad KBM.(bukan chat didalam youtube)
Anda juga dapat melihat status kehadiran/keikutsertaan siswa dalam proses KBM tersebut.

Tutorial Singkat Memulai Live Materi

1)      Proses Live Materi prosesnya hampir sama dengan Live Youtube namun lebih singkat karena Guru cukup memilih file materi yang sudah Guru masukan di menu Upload Materi.

2)      Proses Live berjalan, Anda dan siswa dapat berinteraksi melalui live chat di laman KBM. Guru juga dapat melihat status kehadiran/keikutsertaan siswa dalam proses KBM tersebut.

 

F.       TUGAS DAN TES SISWA
Dimenu ini Guru dapat memberi tugas kepada  kelas yang diampunya  dengan pilihan type  soal pilihan ganda atau essay.
Guru dapat mengatur waktu tampil tugas/tes kepada kelas sesuai pilihan yang di inginkan dengan tersedia 3 pilihan:

1)      Membuat Waktu Baru,  Sesuai waktu/durasi yang diinginkan Guru,misalnya dibuat tampil ke siswa pada jam 7 s.d 8 malam saja pada hari itu.
Ini dapat digunakan guru sebagai sarana Ujian Online kepada siswa dll.

2)      Sesuai  Dengan Jadwal Mengajar guru pada hari itu sehingga soal hanya tampil kepada siswa hanya saat Guru tersebut aktif pada jam mengajar.
Ini dapat dijadikan solusi Guru jika berhalangan mengajar/jam kosong maka siswa dapat diberi tugas.

3)      Tidak Ada Batas Waktu, maka siswa dapat mengerjakan   Tugas tersebut dalam kurun waktu tertentu. Sebelum Guru menset Status publikasi Soal menjadi Non Aktif/Draft maka siswa masih bisa mengerjakan.
Ketika tugas sudah di ubah guru menjadi non aktif maka siswa tidak dapat melihat dan mengerjakan soal lagi, kecuali guru mengaktifkan soal lagi.


Di menu ini Guru dapat melihat  progress pengerjaan siswa,jawaban dan perolehan nilai  Tugas dengan cara klik Detail Tugas.
Untuk type tugas Essay guru dapat membaca dan mendownload jawaban yang sudah dikirim siswa dan menginputkan nilai kepada siswa yang bersangkutan.


G.     NILAI

Dilaman ini Guru dapat melihat Nilai dan progres perolehan Nilai Siswa yang sudah selesai melakukan pengerjaan Tugas/Tes. Kesemua tugas yang pernah diberikan ke siswa nilainya akan terekap dalam menu ini.


Bagaimana jika Ada nilai siswa yang kurang baik?
Guru juga dapat melakukan set Siswa melakukan remidi atau membuka status jawaban siswa bisa di ulang.

 

3.     MENU JURNAL

Jurnal kemajuan kelas dan kehadiran Guru
Fitur ini untuk kemajuan kelas dan untuk catatan pribadi guru melakukan pembelajaran di kelas termasuk juga penelola/kepsek dapat memantau aktivitas guru.

Jurnal Artikel di gunakan untuk mewadahi guru/karyawan/siswa untuk menuangkan tulisan berupa gagasan,opini, artikel, jurnal,karya ilmiah dan sejenisnya.
Tulisan yang ditulis dan disimpan oleh Guru akan otomatis tampil di web sekolah dan dapat dibaca olah masyarakat luas yang membuka web sekolah.
Untuk Login sebagai siswa, maka tulisan kiriman siswa akan di filter/Aprove dahulu oleh Admin sekolah untuk kelayakan publish atau tidaknya.

Demikian petunjuk singkat sebagai Guru melakukan login pada SIVITRI. Masih banyak menu yang belum dijelaskan di tutorial singkat ini , harapanya Guru dapat mengeksplorasi secara mandiri.

v  PEMANTAUAN DAN EVALUASI OLEH KEPALA SEKOLAH

Pemantauan dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Admin Sekolah.
Kepala Sekolah memiliki type akun Login tersendiri dimana dapat memantau keaktifan Guru dalam melakukan pembelajaran khususnya Virtual KBM dan tugas yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Sehingga guru yang tidak aktif pada jam mengajarnya secara daring/online dapat dilihat oleh Kepala Sekolah.

Dan untuk pengaturan keseluruhan system, Admin Sekolah sangatlah berperan penting dalam berjalanya SIVITRI karena mulai dari Set Tahun Pelajaran, Penjadwalan Mengajar Guru, Data Guru, siswa, sampai pada Aproval Pendaftaran sebagai Alumni dan kesemua pengaturan menu semua dilakukan  oleh Login Admin Sekolah.



Saat ini fitur terus berkembang dan saat ini banyak sekolah telah memanfaatkan. pantu update fitur di www.sekolahkita.net
Jogja adalah barometer pendidikan di Indonesia.
Sekolah sekolah besar di Yogyakarta sudah banyak yg memakai platform ini diantaranya.


SMAN 1 Sukabumi
SMAN 3 Sukabumi
SMAN 1 Bukit Tinggi
SMAN 1 Wonosari Gunungkidul
SMKN 1 Pundong Bantul
SMPN 6 Yogyakarta
SMKN 1 Saptosari

SMKN 4 Yogyakarta
SMAN 6 Yogyakarta
SMA Muh 3 Yogyakarta
SD Muh Suryowijayan Jogja
SMKN 1 Wonosari Gunungkidul 
SMPN 1 Lumbis Kalimantan 

kontak saya erik
whatsapp 087839595916
www.sekolahkita.net
info@watulintang.com

Posting Komentar untuk "Solusi Sistem Online Untuk Sekolah Era merdeka Belajar, Sudah Saatnya Sekolah transformasi Berjalan Dengan Data"