Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Programmer? Ini Prinsip penting yang harus kamu pegang sebagai programmer


  1. Keluarga lebih penting dari apapun termasuk pekerjaan.
  2. Kesehatan lebih penting dari pekerjaan. Hindari begadang.
  3. Bermental baja. Karena sebagus apapun software yang anda buat, tidak bisa mengalahkan crappy people & crappy culture sebuah company.
  4. Latar belakang tidak penting. Anda lulusan mana, Universitas Negri, Universitas swasta, Universitas terbaik, bla bla bla itu tidak penting. Karena skill lebih utama. Saya saat ini menghandle sebuah tim yang beberapa programmernya baru lulusan SMK, mereka bisa sangat bisa diandalkan dan beberapa sudah ada yang hobi menulis. Itulah kenapa, latar belakang anda tidak penting, yang di butuhkan hanya skill dan semangat belajar. (Point ini anda boleh setuju boleh tidak setuju).
  5. Semua bahasa pemrogramman bagus. Tinggalkan debat tentang bahasa pemrogramman dengan para fanboy di luar sana.
  6. Bersiap jadi pembelajar seumur hidup.
  7. Berhenti belajar berarti kehilangan sebagian besar rejeki. Teknologi berkembang setiap harinya, ketika anda malas atau bahkan anda berhenti belajar, anda tidak laku lagi di dunia industri teknologi.
  8. Code yang bagus adalah code yang bisa di test(unit test, integration test…).
  9. Code yang bagus adalah code yang sudah menerapkan Open-Closed principle (open for extension closed for modification). Maksudnya apa, misal kita menambahkan fitur ke existing application, jika banyak yang dirubah dan direfactor, sudah di pastikan kualitas code-nya jelek.
  10. Bersiap jadi orang pertama yang disalahkan. Anda bagian tim development di sebuah company, bersiaplah jadi orang yang pertama di salahkan ketika projek molor, ada bug, kesalahan sistem yang di timbulkan oleh sistem lain(karena integrasi), flow yang tidak sesuai (biasanya kesalahan tim research yang tidak matang). Pokoknya bersiaplah.
  11. Bersiap jadi orang yang terakhir dipuji ketika projek sukses. Sebagus apapun software yang anda buat, sebagai programmer anda adalah orang yang terakhir yang akan mendapat tepuk tangan(jika beruntung). Anda tidak akan terlihat sedikitpun di mata para BOD(Board of Director).
  12. Nego Gaji harus tinggi. Berdasarkan poin 10 dan 11 anda selalu jadi pihak yang tidak di untungkan, jadi nego gaji yang cukup untuk anda.
  13. Anti baper
  14. Anti baper
  15. Anti baper
  16. Anti baper
  17. Anti baper. Tabahkan dirimu terhadap orang-orang dengan mindset Dinosaurus. Orang-orang yang beranggapan membuat software dua minggu, bahkan satu malam jadi.
Jawaban di atas murni dari internet, jadi anda boleh setuju boleh tidak. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Menjadi Programmer? Ini Prinsip penting yang harus kamu pegang sebagai programmer"